USBN Telah Berlangsung: MA dan MTs. Al-Munawwarah Melaksanakan USBN dengan Sistem Tulis dan Kertas - Kurita News | Kuat, Rinci & Terpercaya

Kurita News | Kuat, Rinci & Terpercaya

Media Online Sulawesi Barat

Breaking

Rabu, 21 Maret 2018

USBN Telah Berlangsung: MA dan MTs. Al-Munawwarah Melaksanakan USBN dengan Sistem Tulis dan Kertas

Peserta USBN MA Al-Munawwarah sedang Mengerjakan Soal USBN

Kuritanews.com, MamujuUjian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mulai dilakukan disejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat. Siswa/Siswi MA dan MTs. Al-Munawwarah mengikuti USBN dengan menggunakan sistem Tulis dan Kertas.

"Walaupun disejumlah sekolah melaksanakan USBN suda menggunakan sistem komputer, tapi kami di Al-Munawwarah masih menggunakan sistem tulis dan kertas. Ini karena kurangnya fasilitas khususnya jaringan internet di sekolah kami" ujar Iwan Muliyawan yang juga selaku pengawas USBN.

Kepala Sekolah MTs. Al-Munawwarah, Ruslan, S.Pd, menyampaikan bahwa pihak sekolah sangat menginginkan pelaksanaan USBN tersebut dengan berbasis komputer untuk mendukung program pemerintah.

"Sebenarnya kami sangat menginginkan pelaksanaan USBN ini dengan menggunakan sistem komputer yang mana untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di sekolah kami ini. Atas dasar itu kami berharap pada pihak pemerintah khususnya kementerian agama agar kiranya mampu memberikan dukungannya dengan memfasilitasi setiap madrasah karena target kami kedepan adalah USBN yang kami laksanakan hari ini dengan berbasis Tulis dan Kertas,mampu kami laksanakan dengan menggunakan sistem komputer kedepan dan itu harus didukung dengan fasilitas yang baik khususnya menfasilitasi komputer dan jaringan internet " Ujarnya.

Ruslan juga menyampaikan respon positif dan salut terhadap kementerian agama yang telah menginstruksikan kepada seluruh madrasah agar pelaksanaan Ujian Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) suda menggunakan Basis Komputer (UAMN-BK).

USBN yang dilaksanakan secara nasional di bagi atas dua model soal dengan mempertimbangkan porsinya masing-masing sebagai mana diatur dalam juknis USBN. Yaitu 10% soal model essay dan 90% soal model pilihan ganda.

"Sekitar 10% dari keseluruhan soal adalah model essay. Aturan ini telah ditetapkan dalam juknis USBN yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pada Maret tahun 2018 dan telah menjadi acuan kami. Tujuan model essay ini sebagaimana diatur dalam juknis adalah membiasakan peserta didik mengerjakan ujian essay, berargumentasi, dan menyampaikan alasan yang rasional atas pendapatnya" terang Andi Misbariani selaku Kamad Kurikulum MA. Al-Munawwarah.

USBN ini berlangsung hingga Jumat, 23 Maret 2018 untuk tingkat MA dan 26 Maret 2018 untuk tingkat MTs. Dan pemeriksaan soal USBN dilakukan oleh sekolah masing-masing.
im

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman