Lounching Embung Pesona Desaku di Sartanamaju - Kurita News | Kuat, Rinci & Terpercaya

Kurita News | Kuat, Rinci & Terpercaya

Media Online Sulawesi Barat

Breaking

Jumat, 19 Juli 2019

Lounching Embung Pesona Desaku di Sartanamaju


KuritaNews.com, Mamuju Tengah - Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah  mengadakan acara lounching atau peresmian fasilitas Embung Pesona Desaku di Desa Sartanamaju, Kecamatan Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah, Kamis, 18 Juli 2019.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Asisten II Bidang Pembangunan Pemkab Mateng M.Yusuf Unja, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Akhmad Munasir, kepala OPD lingkup Pemkab Mateng, Camat Pangale, aparat desa serta tokoh masyarakat.

M.Yusuf Unja dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya pembangunan fasilitas Embung ini kiranya dapat membantu mengairi persawahan serta akan menjadi sumber air masyarakat Lopi, Desa Sartanamaju.
Pihaknya juga mengapresiasi upaya kerjasama yang dilakukan antara Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan pemerintah setempat dalam melaksanakan pembangunan Embung ini.
“Kita berharap Embung ini bisa segera dinikmati oleh seluruh masyarakat yang ada di Desa Sartanamaju dalam waktu singkat,” kata Yusuf lagi.
Menurutnya, sebanyak 34 Embung terbesar di wilayah Kabupaten Mateng, 14 diantaranya berada di Kecamatan Pangale, 5 di Kecamatan Budong-Budong, 4 di Kecamatan Topoyo, 6 di Kecamatan Tobadak, dan 5 di Kecamatan Karossa.
“Semoga ini dapat menjadi salah satu sumber kesejahteraan masyarakat, utamanya bagi para petani yang tengah bercocok tanam sayuran, buah-buahan, beternak ikan, dan masih banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari Embung ini,” harapnya.
Untuk itu, kata Yusuf, diperlukan kerjasama yang baik dari semua kalangan untuk melibatkan semua unsur baik masyarakat paling bawah hingga pemerintah daerah, sehingga semua program pembangunan dapat terjaga serta terorganisir.
Ia menambahkan, saat ini di tingkat desa sudah ada lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Ini juga, sebutnya, merupakan peluang untuk meningkatkan sumber PAD, sehingga tidak hanya berharap dengan sumber dana dari pemerintah.
“Dengan terus berbenah, semoga desa Sartanamaju ini dapat menjadi salah satu desa percontohan di Kabupaten Mateng,” tutupnya. (TT)

Halaman